Tanda-Tanda Power Supply CCTV Rusak

Power Supply CCTV Palembang

Power Supply CCTV merupakan perantara yang merubah tegangan arus Listrik dari AC ke DC, fungsi utama dari PSU adalah sebagai power perangkat kamera CCTV. Power Supply sendiri memiliki berbagai kapasitas seperti 10A 20A dan 30A semuanya memiliki tegangan 5 Volt.

Biasanya Power Supply menjadi salah satu sumber utama kerusakan CCTV. Karena perannya sebagai penghantar listrik sangat berpengaruh terhadap kamera CCTV. Hal yang paling sering terjadi yang mengakibatkan kerusakan pada PSU adalah tidak stabilnya listrik dirumah. Hal ini akan sangat menggangu kinerja dari PSU terlebih lagi karena Power Supply bekerja selama 24 jam nonstop.

Sebagai Central Power yang mengatur tegangan listrik, biasanya kerusakannya tidak selalu terjadi pada kamera CCTV, melainkan adaptornya sendiri yang rusak. Sehingga banyak yang salah kaprah tentang CCTV Rusak, karena biasanya Power Supplynya yang mengalami kerusakan.

Tanda-tanda Power Supply CCTV Rusak:

  • Lampu Indikator yang tidak menyala
  • Adanya bau perangkat hangus yang menyengat
  • Terlihat adanya Sekring yang terputus

PSU sendiri tergolong masih sangat terjangkau, harganya berkisar dari 90 s.d 300 ribu untuk setiap produk tergantung kapasitas dan jenisnya. Ada jenis Box yang menggunakan skring, ada juga bentuk jaring yang biasanya lebih umum ditemukan.

Jika ingin memastikan apakah betul Power Supply yang rusak, anda dapat mengganti sumber listik Kamera CCTV menggunakan Adaptor. Perhatikan apakah kamera menyala dengan baik, karena biasanya kerusakan Power Supply menjadi penyebab utama ketika semua CCTV tidak tampil pada layar atau monitor.

Namun sebelum membeli Power Supply CCTV yang baru, sebaiknya periksa terlebih dahulu bagian jack listrik dan kabel power yang terpasang pada power Supply. Merkipun kemungkinannya kecil tetapi bisa saja terjadi jika pemasangan tidak kuat.

Artikel Terkait :