Pengertian Video Balun – PDTECH CCTV

Apa itu video balun

Apakah itu video balun pada kali ini saya akan memberikan Sedikit penjelasan mengenai video balun, Walalupun sudah lama populer, namun tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa itu Video Balun dan apa saja keuntungan teknis (technical benefits) yang bisa diperoleh darinya.

Adalah salah satu teknik menyalurkan sinyal video melalui kabel UTP, dalam artian kabel coaxial yang kemudian di translit dengan kabel UTP. Jadi dengan begitu Video Balun bisa juga dikatakan sebagai suatu konventer sinyal atau konventer kabel coaxial ke kabel UTP.

Video Balun atau sering dinamakan Twisted Pair Transmission atau CCTV Cabling Solution adalah satu teknik menyalurkan sinyal video melalui kabel UTP yang biasa dipakai pada jaringan LAN ( Local Area Network ). Singkatnya, Video Balun adalah alat yang menggantikan instalasi kabel coaxial dengan kabel UTP. Cara ini diklaim memiliki beberapa keuntungan, sebut saja:

  1. Mengurangi biaya kabel. Asumsinya : harga per meter kabel coaxial lebih mahal ketimbang kabel UTP atau kabel jaringan internet.
  2. Memudahkan penarikan kabel CCTV dan menyederhanakan instalasi CCTV. Karena kabel UTP lebih kecil dan lebih ringan ketimbang coaxial (RG59 / RG6).
  3. Mengurangi interferensi dan noise pada gambar. Asumsinya : kabel UTP yang di dalamnya terpilin (twisted) bisa menolak pengaruh frekuensi tinggi dan noise ketimbang coaxial.
  4. Memangkas biaya instalasi CCTV (labor cost). Logikanya : waktu instalasi CCTV bisa lebih cepat.
  5. Bisa mencapai jarak hingga 1 kilometer, bahkan lebih dengan memakai video balun aktif.


Keuntungan:

Dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk membeli sebuah kabel, karena pada umumnya jenis kabel coaxial lebih mahal kalau dibanding dengan kabel UTP.
Sangat efisien di dalam perancangan atau penarikan kabel karena lebih kecilnya ukuran kabel UTP.
Mengurangi interfensi yang dihasilkan pada gambar.
Jika memakai kabel UTP bisa mencapai jarak sampai 1 KM.
Kerugian:
Video Baluns tidak mendukung signal Broadband atau signal arus frekuensi radio.
Tidak dianjurkan untuk signal Wide brand TV kabel.
Fungsinya yang bisa menyesuaikan signal dari yang Balance ke Unbalane (Twisted Pair Transmission) maka tak sedikit pula orang² yang memakai atau memanfaatkannya untuk keefisienan biaya yang harus dikeluarkan. Sehingga dengan uang yang terjangkau mereka dapat merancang dan membangun CCTV.
Artikel Lainnya