Mengenal Jenis fitur Dan Teknologi DVR CCTV

CCTV dan Perangkat DVR merupakan sebuah komponen yang tidak bisa terpisahkan, kenapa demikian? karena CCTV berfungsi sebagai pengambil gambar sedangkan komponen DVR merupakan alat perekam video yang dikirim oleh kamera CCTV jenis analog.

Selain itu, keluaran DVR CCTV sekarang ini sudah online, yakni dapat di akses dari smartphone android dan komputer dengan menggunakan koneksi internet, tidak hanya itu, ternyata ada banyak sekali merk DVR CCTV namun yang lagi marak adalah merek Hikvision.


fitur apa yang harus ada Pada DVR CCTV Sekarang ini ?

Ketika ingin membeli DVR CCTV sebaiknya anda harus tau dan mengerti terlebih dahulu dari fitur yang biasanya di cetak tebal di kemasan produk.

Fitur HD DVR

Ternyata maksud fitur DVR ini yaitu mampu menerima serta merekam gambar dengan resolusi HD (720P/1080P) yang berasal dari kamera high definition (HD) dengan HD-CVI atau AHD,HD-TVI.

Tidak hanya itu anda harus mengerti bahwa DVR mempunyai kemampuan yang berbeda dalam menangkap jenis gambar yang di kirim kamera CCTV, jadi sebaiknya anda harus paham betul mengenai spek jenis resolusi dan jenis kamera yang di support oleh perangkat DVR CCTV anda.

Biasanya untuk DVR CCTV model sekarang ini sudah support perekaman resolusi HD dan juga mensupport/ mendukung semua jenis kamera CCTV HD seperti CVBS/analog, HD-CVI, ,HD-TVI , ataupun AHD.

Untuk ukuran atau resolusi gambar video perekaman pada komponen DVR biasanya ada keterangan dengan kode tertentu seperti di bawah ini:

  • HD 720p Resolution – 1280 x 720 pixel
  • D1 Resolution – 704 x 480 pixel
  • Full HD/1080p Resolution – 1920 x 1080 pixel
  • Ultra HD Resolution – 3.840 x 2.160 pixel
  • Fitur H.264 /MPEG-4 DVR


fitur ini merupakan sebuah video format kompresi tinggi yang dibangun oleh organisasi standar internasional ISO-IEC dan ITU-T.

H.265 DVR

Seiring perkembangan teknologi sekarang ini, ternyata sudah ada DVR yang mampu merekam menggunakan teknologi H.264+ dan H.265 yang memberikan encoding jauh lebih baik, file video lebih kecil (lebih hemat storage) dengan kompresi hingga 50%. yakni jika anda menggunakan H.265 dengan kapasitas HDD yang sama anda dapat mendapatkan 2x waktu rekaman lebih lama dibanding saat menggunakan fitur H.264.

Hybrid DVR Support

Di pasaran sekarang ini ternyata sudah ada beberapa DVR CCTV yang telah mensupport pneggunaan IPC kamera layaknya komponen NVR, akan tetapi jumlah channel nya di batasi misalnya hanya dapat support 2 channel IP Camera.

Jika ingin menggunakan fitur DVR ini sebaiknya anda harus menghubungkan komponen DVR dengan jaringan komputer dengan cara menggunakan kabel lan.

Itulah penjelasan singkat mengenai fitur yang perlu diperhatikan sebelum membeli komponen DVR CCTV sebagai alat pelengkap sistem keamanan di rumah anda. semoga atikel ini bermanfaat bagi anda