Apa Itu DVR CCTV? Baca Fungsi dan Penjelasannya

DVR CCTV Palembang

Apa itu DVR CCTV? Digital Video Recording (DVR) merupakan perangkat yang mengontrol perintah kamera CCTV dengan menggunakan sistem operasi. Seperti pengaturan warna, menampilkan rekaman dan pengaturan warna. DVR akan aktif selamat 24 jam nonstop, karena didalamnya terdapat hardisk sebagai media penyimpanan data video CCTV.

Karena Pentingnya perangkat ini, tentu harus ada perawatan secara rutin, setidaknya matikan selama 1 jam setiap satu minggu sekali. Hal harus diketahui dibagian dalam DVR hanya terdapat motherboard kecil yang memiliki sistem operasi. Setiap brand yang memproduksi DVR memiliki firmware yang berbeda-beda. Perbedaan DVR pada setiap brand biasanya pada teknologi yang digunakan software dan hardware. Seperti teknologi kompresi, aplikasi koneksi jaringan, deteksi gerakan, penjadwalan dan backup data video. Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah kemampuan untuk menyimpan video dan menampilkan video dengan resolusi tinggi.

Penjelasan APa itu DVR CCTV

Teknologi saat ini sudah mampu memberikan hasil output hingga 4K yang terdapat pada jenis kamera dengan Resolusi 5 Megapixels. Pada versi sebelumnya DVR hanya mampu support pada resolusi 480 dan 720p menggunakan kamera jenis TVL dan Kamera 1 Megapixels. Kemudian kabel data output video menggunakan VGA yang memiliki resolusi rendah. Sudah dapat dipastikan kualitas gambarnya tentu tidak sebaik teknologi terbaru yang menggunakan Teknologi Kabel HDMI.

DVR CCTV Palembang

Pertanyaan Seputar Apa Itu DVR CCTV ?

  1. Bagaimana cara kerja DVR CCTV?

    Cara kerja DVR adalah menerima input dari Kamera CCTV yang dihubungkan oleh kabel coaxial dan Jack BNC. Kemudian data signal video diolah pada sistem operasi dan hasil kompresi video akan disimpan pada hardisk (media penyimpanan).

  2. Berapa banyak kamera yang dapat dihubungkan pada DVR?

    DVR memiliki berbagai tipe dan channel (jumlah slot kamera) seperti 4, 8, 16, dan 32, yang nantinya dapat menerima input data dari kamera CCTV. Lalu pada output akan disambungkan pada Monitor seperti TV sehingga kita dapat melihat semua gambar ini sekaligus atau satu per satu.

  3. Dimana sebaiknya memasang DVR CCTV?

    DVR CCTV harus merupakan komponen paling penting yang harus dirahasiakan keberadaannya. Salah satu yang dapat anda lakukan adalah menyembunyikan pada tempat yang tidak mudah dilihat dan daat dikunci.

Artikel Lain yang Mengulas DVR CCTV.