7 Cara Merawat CCTV yang Benar Agar Lebih Awet

Kamera CCTV sudah menjadi hal yang sangat membantu ketika untuk memantau dirumah dan juga saat bepergian, teknologi CCTV yang kian berkembang memberikan kemudahan bagi para pengguna saat ini. Namun perlu sekali perawatan agar CCTV dirumah tetap awet dan tidak sering terjadi kendala. Merawat CCTV sebenarnya tidaklah sulit, kita hanya perlu minimal setiap 3 bulan sekali melakukan perbaikan.

Tips Merawat Kamera CCTV:

1. Bersihkan Kaca Lensa Kamera CCTV

Bersihkan kaca lensa kamera CCTV untuk membuat kotoran yang melekat biasanya ada jaring laba-laba dan debu, ini berfungsi untuk membuat kamera kembali jernih. Meskipun terilah kecil partikel debu yang ada pada Kaca kamera CCTV membuat gambarnya menjadi tidak maksimal. Anda cukup membersihkan dengan kain halus sebaiknya tambahkan cairan pembersih seperti pembersih lensa kacamata atau pembersih LCD laptop. Sebagai alternatif Anda juga bisa membersihkannya menggunakan minyak kayu putih.

2. Matikan DVR Minimal 3 Jam setiap bulan

DVR adalah sebuah alat kontrol agar CCTV dapat berfungsi biasanya aktif selama 24 jam selama setiap bulan, hal ini terlihat normal namun hardsik CCTV yang terpasang di dalamnya sangat panas mengingat aktivitasnya untuk merekam data. sangat dianjurkan untuk mematikan DVR minimal 3 Jam setiap bulan untuk membuat hardisk kembali pada suhu normal sebelum digunakan kembali.

3. Bersihkan Debu pada DVR

Debu juga menjadi biang utama kerusakan alat -alat elektronik termasuk juga perangkat kamera CCTV, seperti DVR. Bersihkan debu menggunakan kuas atau jika memungkinkan gunakan kompresor angin untuk membuat debu yang melekat.

4. Periksa Kembali Pengaturan

Pengaturan CCTV secara default tidak akan berubah, namun biasanya ada saja penyebab yang membuatnya menjadi tidak merekam, misalnya hardisk tidak merecord. Sangat perlu dilakukan pengecekan rekaman, pengaturan lainnya.

5. Matikan juga Monitor CCTV

Display CCTV biasanya juga aktif selama 24 jam, namun ada juga yang menggunakan TV dirumah sebagai monitor. Jika anda menggunakan monitor khsus untuk CCTV sebaiknya matikan monitor minimal 3 jam setiap bulan.

6. Cek Sambungan Jack BNC dan DC

Kendala yang sering sekali terjadi ketika kamera CCTV tidak tampil dimonitor adalah kendala pada jack sambungan, hal ini sering terjadi karena BNC yang berkarat karena masuknya air hujan, terutama pada kamera outdoor. Persika kembali isolasi sambungan, sebaiknya balut kembali dengan isolasi baru.

7. Updgare Software Terbaru

Perkembangan aplikasi CCTV biasanya sangat cepat selalu ada versi terbaru untuk meningkatkan kemampuan aplikasi, seperti penyimpanan cloud, streaming CCTV live yang lebih cepat dan sebagainya. Periksa versi aplikasi android atau IOS anda apakah sudah menggunakan versi terbaru, jika tidak Anda dapat melakukan update secara langsung.